Sabtu, 03 Mei 2014

CONTOH TUGAS KEWIRAUSAHAAN PROPOSAL USAHA


Ada tugas kewirausahaan untuk membuat proposal usaha,disini anda boleh copas sepuas-puasnya


 GALLERY PEMBUAT:



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya saya dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
  

Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan                    : Black Clothing Distro
Alamat                                 : Bandung.  Ruko Mardi Grass No. KW28/10
No Telpon                                    : (021) 28021004

Nama dan Alamat Pemilik

Nama Pemilik                         : Dwi Suryaharyanto
Alamat Pemilik                        : Bandng Jln.Dewi Sartika Blok W38/06
No Telpon                                    : 0856523542

Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan saya bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum saya menjalankan perusahaan yang saya rencanakan ini, maka saya harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan saya akan mempromosikan dan mendistribusikan produk saya melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan saya mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.




A.   URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
Latar Belakang
Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasaran karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasaran rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan  penjualan pakaian sehari-hari pria dan wanita yang  berkualitas dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro. Tidak hanya pakaian, saya juga menyediakan aksesoris.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko Black Clothing Distro ini pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi para konsumen dalam hal fashion. Kebutuhan fashion pria dan wanita ini sangat banyak peminatnya di Pasaran, apa lagi di kalangan anak muda, hal ini juga telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasaran yang telah saya lakukan. Dan rencananya akan saya lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran saya.

Visi
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Lokasi Usaha
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di tempat biasa kalangan anak muda berkumpul. Dan , lokasi mudah terlihat dan berada di dekat jalan agar dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 malam.
B.   ANALISIS INDUSTRI
Target Pasar / Konsumen
Target pasar/konsumen Black Clothing Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang up to date. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
Situasi Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang saya dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

C.    RENCANA PEMASARAN

1.     Strategi Pasar
Strategi pasar yang dilakukan perusahaan saya yaitu dengan cara intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

2.     Penetapan Harga
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   89.000,-
2
Kaos
> Rp.   90.000,-
3
Jeans
> Rp. 180.900,-
4
Jaket
> Rp. 199.900,-
5
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-



3.     Keunggulan
Keunggulan dari Distro ini adalah :
• Menggunakan Bahan kaos cotton combed 20’s dan 30’s yang berkualitas
• Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
• Design kaos sangat uptodate sesuai dengan tema-tema yang sedang terjadi pada saat itu.

4.     Periklanan dan Promosi
Strategi yang akan saya jalankan pada perusahaan ini antara lain :
                        Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
                        Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
                        Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro

D.   ASPEK MANAJEMEN

1.     Tim Manajemen
Manager                                  : Dwi Suryaharayanto
Kasir                                        : Verdi Wibowo
Pendesain & Pencetak           : -    Septian Wahyuda
-          Dimas Nugroho

2.     Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.




E.    ASPEK RESIKO
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
1.  Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas

2.      Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian

3.     Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, saya yakin saya dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Ruko ini. Dan yang membuat saya yakin bahwa kedepannya perusahaan saya akan maju.

4.     Threaty (Ancaman)
1.      Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan saya, dengan style-style terbaru.





F.    SUMBER-SUMBER PENGGUNAAN DANA
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Black Clothing Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.

Modal Permulaan Perusahaan
·        Biaya modal awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior                                           Rp. 700.000,-
Kulakan baju grosir                                                                Rp. 5.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal                                    Rp. 200.000,-
Biaya gaji karyawan bulan pertama                                         Rp. 1.000.000,-                +
Jumlah Modal Produksi                                                           Rp. 6.900.000

Jadi, total keseluruhan untuk modal pada satu bulan diperkirakan Rp. 6.900.000,-

Penutup
Demikianlah proposal yang saya buat, semoga langkah yang saya lakukan bermanfaat bagi saya sebagai pengusul dan masyarakat pada umumnya. Dan apabila ada kesalahan dalam perkataan maupun tulisan  saya minta maaf, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sipppp....blog ente manfaat banyak manfaatnya

Aseekk mengatakan...

THANKS